Jujur, boleh dibilang, sebenarnya baru-baru ini aja juga saya memberanikan diri memulai untuk mencoba menjajaki budaya saling bertukar link blog ini. Maklum, namanya juga saya masih pemula dalam dunia pem-blogger-an ini. Jadi, saya masih berusaha untuk menaikkan “nilai” dan “rangking” blog saya, dan mencoba menarik minat banyak pengunjung blog biar blog saya lebih dikenal lagi di dunia maya. Hehe..
Sebagai inspirasi dan tambahan info bagi anda tentang seberapa penting dan menariknya budaya tukeran link blog ini? Mungkin posting berikut yang saya sadur dari beberapa sumber blog atau artikel dari internet ini bisa memberikan sedikit pengetahuan bagi anda (termasuk untuk saya sendiri) tentang bagaimana budaya link exchange ini.
Salah satu impian para webmaster adalah punya situs dengan pengunjung yang bejibun. Untuk itu, banyak cara yang ditempuh orang atau blogger untuk mempromosikan website atau blog-nya di dunia maya ini. Mulai dari mendaftar ke puluhan search engine, pasang iklan baris sampai pasang iklan di media cetak.
Tapi tahukah anda cara mempromosikan situs dengan cukup mudah dan murah tapi hasilnya cukup memuaskan? Jawabannya adalah dengan saling melakukan banner exchange atau biasa disebut pertukaran banner. Atau yang paling populer tentu saja adalah dengan cara saling bertukar link antara web atau blog yang berbeda. Masing-masing memasangkan link berupa text / banner / badge / image menuju web / blog lawan tukar link-nya tadi.
Inti dari pertukaran banner adalah seperti ini : Anda harus menempatkan banner dari situs lain (dari sesama anggota situs yang melayani pertukaran banner) ke halaman web anda. Begitupula sebaliknya. Tiap satu kali penampilan banner pada situs anda akan dihitung dan anda mendapatkan satu kredit. Tiap situs yang melayani pertukaran banner punya rasio sendiri-sendiri. Yang paling umum adalah 1 : 1 atau 2 : 1. Rasio 2 : 1 maksudnya adalah tiap 2x situs anda menampilkan banner, maka banner anda akan ditampilkan (pada situs sesama anggota) sebanyak satu kali.
Dengan mengikuti pertukaran banner maka banyak keuntungan yang akan anda raih. Salah satunya adalah kesempatan menampilkan banner anda pada situs-situs terkenal. Tanpa bayar anda dapat menempatkan banner anda pada situs terkenal tersebut. Bayangkan !
Sekali lagi budaya link exchange / barter link / tukeran link ini terbukti mampu meningkatkan Page Rank (PR) dari Google, yang artinya weblog anda akan diberikan rating dari 1 sampai 10 berdasarkan seberapa banyaknya link pada website/blog orang lain yang mengarah/mereferensikan website anda.
INFO : Saya anjurkan jika anda mengejar traffic pengunjung yang tinggi bertukar link-lah sebanyak mungkin dengan siapa saja, namun jika anda mengejar PageRank maka carilah lawan barter link anda yang berkualitas, baik itu dari type/topik web/blog yang sejenis dengan anda, juga akan sangat bernilai jika lawan barterlink anda juga memiliki PageRank yang tinggi dari google.
Bagi sebagian banyak Blogger arti dari PageRank itu sangatlah luar biasa pentingnya. Kenapa? Selain karena sulitnya mendapatkan “Reward” tersebut (bahkan harus menunggu update per 3 bulan), hal itu juga berarti akan meningkatkan Prestisi (kebanggaan) dan “Harga” Blog yang kita bangun tersebut.
Kita memang tidak bisa memungkiri, sebagian besar tujuan Blogger diantaranya memang masih bersemangat dalam melakukan hobby blogger-nya adalah untuk mendapatkan besarnya Income atau pendapatan dari iklan pada blog mereka, seperti Google Adsense, Bidvertiser, Adbrite, Chitika, Kliksaya, PPCindo, KumpulBlogger, AdReview Camp, dll yang akan didapat karena misalnya kita memiliki PageRank Blog yang tinggi.
Jadi intinya, jika anda blogger newbie atau beginner (termasuk saya), mungkin tidak salahnya jika mulai dari sekarang, kita mencoba memulai dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk bisa mempromosikan blog kita biar bisa lebih diketahui, dikenal dan dikunjungi banyak orang di dunia maya. Termasuk dengan cara menerapkan budaya saling bertukar link ini.
Ada dua macam jenis cara bertukar link yang populer saat ini, yang pertama adalah bertukar link berupa text/tulisan dari nama blog atau slogan blog saja… dan yang kedua adalah berupa logo/gambar yang biasa disebut banner/badge/chicklet.
Siapkanlah segera text/tulisan link atau banner/badge/logo/image link dan kode-kode link HTML-nya untuk blog anda tersebut dengan seksama dan matang. Siapkan area di blog anda untuk menempatkan banner dan kotak teks area untuk menampung “promosi” kode-kode link HTML blog anda tersebut biar bisa dilihat, diketahui, dan tentu saja, dapat dicopy-paste oleh pengunjung blog anda.
Dan juga, jangan pernah anda lelah untuk bertanya dan mencari ilmu pengetahuan dari berbagai sumber/artikel/blog/website/teman-teman yang lain tentang masalah dan tips-trik dunia pem-blog-an, demi menunjang dan meneruskan “hidup” blog/website milik anda di dunia maya yang “kejam” ini. Hehe..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar