Sambutan

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI YANG SANGAT SEDERHANA!! TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA..........

Jumat, 02 November 2012

BUDAYA DAN ADAT ISTIADAT SEBAGAI IDENTITAS BANGSA


Budaya dan adat istiadat sebagai identitas bangsa.

        Pada hakekatnya, awal lahirnya sebuah budaya atau adat istiadat adalah sebuah usaha sosial atau kelompok masyarakat untuk mempertahankan hidupnya terhadap desakan kebutuhan hidup yang diperhadapkan pada tantangan alam di sekitarnya. Akal dan pengetahuan manusia sebagai modal kreasi untuk menciptakan pola kebudayaan itu sendiri sehingga menciptakan nilai dan norma kehidupan yang diakui dan dipercaya sebagai sebuah kekuatan spiritual pada saat itu. Kreasi ini kemudian menjadi kekuatan moral untuk mengkontrol pola hubungan timbal balik antara manusia dan alam sekitarnya. 
       Kepercayaan ini tumbuh kuat secara kolektif dalam ranah kehidupan sosial bahkan dibeberapa tempat mengarah menjadi bentuk sebuah keyakinan. kekuatan mistik ini menjelma menjadi semacam pedoman untuk berprilaku secara pribadi maupun secara homogen. Pada prakteknya prosesi adat dan budaya ini  terlaksana dipimpin oleh seseorang yang dipercaya mampu menjembatani komunikasi metafisik antara alam nyata dan alam gaib. Istilah pemimpin mistik lokal ini sering kita dengan dengan sebutan dukun, atau pawang. 
Ket. Gbr : (Prosesi Manre Saperra atau Mappalesso Samaja di Desa Pattimang Kec. Malangke Kab. Luwu Utara pada tanggal 24 April 2012 - Dokumentasi Bid. Kebudayaan Dikominfobudpar Kab. Luwu Utara)
         Kekuatan kepercayaan masa lampau ini menjadi semakin kuat setelah mendapatkan legitimasi dari Pimpinan lembaga pemerintahan saat itu yaitu Raja, sehingga pada perkembangannya kebiasaan adat dan budaya setempat menjadi sangat terkontrol dan terkoordinir. Dibeberapa kawasan bekas kerajaan, kebiasaan ini menjadi terpelihara dan sangat sakral ketika prosesi adat dan budaya ini dikendalikan langsung oleh para pewaris kerajaan atau minimal mendapat restu dari pewaris kerajaan untuk melakukan ritual adat dan budaya tersebut. Inilah yang menjadi ciri khas masing - masing wilayah adat budaya sehingga kekuatan ini menjadi jati diri sebuah bangsa.
Sekarang tugas kita adalah memelihara dan menjaga untuk tujuan pelestariannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...