Sambutan

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI YANG SANGAT SEDERHANA!! TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA..........

Jumat, 02 November 2012

Benda Peninggalan Kerajaan Luwu


          Di tana Luwu sebagai pusat kebudayaan kerajaan tertua di Sulawesi selatan masih banyak dijumpai situs dan benda benda sejarah yang berhubungan langsung dengan kehidupan masa lalunya. Benda - benda tersebut mengandung makna akan kejadian pada masa itu, baik yang bersentuhan langsung  dengan mekanisme tatanan hidup rumah tangga kerajaan Luwu maupun yang bersentuhan langsung dengan pola sosial adat istiadat dan budaya di luar Istana Kerajaaan.  Disamping benda sejarah tersebut, juga terdapat beberapa maqam para tokoh yang berpengaruh pada masa itu.

          Di Luwu Utara misalnya, dibeberapa titik kita akan menjumpai kawasan-kawasan sejarah lengkap dengan peninggalan - peninggalannya seperti di Desa Pattimang Kec. Malangke. Desa Uraso Kecamatan Mappedeceng, Desa Tamuku Kec. Bone - Bone, dan kawasan-kawasan sekitarnya. Dari benda - benda tersebut kita akan dapatkan kisahnya sendiri seperti misalnya pada benda yang satu ini ( lihat gambar ) :


 
.  

          Benda - benda tersebut merupakan benda sejarah tentang kejayaan Kerajaan Luwu pada masanya. Aneka bentuk peralatan rumah tangga yang digunakan keluarga kerajaan Luwu pada saat itu. Berdasarkan bentuknya, maka kita akan melihat sentuhan karya seni tingkat tinggi pada masing-masing benda tersebut. Ini menandakan bahwa alat ini memang khusus hanya digunakan pada Istana Kerajaan Luwu.
berdasarkan penulusuran penulis, informasi yang didapatkan bahwa benda - benda tersebut telah berumur ratusan tahun bahkan benda tersebut di atas sempat dibawa ke hutan oleh pemberontak pada saat itu, namun mungkin terjatuh di sungai sehingga benda tersebut ditemukan warga dan dikembalikan kepada pemiliknya saat itu. Ciri  benda tersebut biasanya terbuat dari logam keras semacam kuningan dan tembaga.Tentang fungsi dari benda tersebut diatas, penulis dapat sebutkan sebagai berikut :
1. Pajjanangan adalah wadah menempatkan lampu minyak.
2. Kompu adalah wadah untuk sesaji saat proses pelamaran
3. Timbokan adalah wadah untuk air cuci tangan
4. Pattikuduan adalah wadah pembuangan air ludah saat makam buah siri/pinang
5. Buleta adalah pengalas gelas
6. Jolong dan bosara adalah wadah baki makanan dan pengalas piring.
benda tesebut sangat kaya dengan sentuhan seni, keelokan dan keindahan yang ada pada benda tersebut diatas menandakan keistimewaan akan benda tersebut dan penggunanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...